Skip links

5 Tips Menulis CV Terbaru Agustus 2023 Agar Dilirik oleh Rekruter

Dalam era persaingan dunia kerja yang semakin ketat, memiliki CV (Curriculum Vitae) yang menarik dan profesional menjadi kunci untuk mendapatkan perhatian dari perusahaan dan memenangkan persaingan dalam proses seleksi. CV adalah gambaran singkat tentang diri Anda, kualifikasi, pengalaman, dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Findy disini akan membahas 5 Tips Menulis CV Terbaru Agustus 2023 Agar Dilirik oleh Rekruter dan memaksimalkan potensi Anda untuk sukses di dunia kerja.

1. Menentukan Jenis CV yang Sesuai

Sebelum mulai menulis CV, Anda perlu menentukan jenis CV yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan Anda. Beberapa jenis CV yang umum digunakan adalah:

a. CV Kronologis: Menampilkan riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan pencapaian dalam urutan kronologis, dimulai dari yang terbaru hingga yang terlama.

b. CV Fungsional: Fokus pada keterampilan dan pencapaian yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, tanpa harus menyertakan riwayat kronologis.

c. CV Kombinasi: Menggabungkan elemen dari CV kronologis dan fungsional, menyoroti keterampilan dan pencapaian sekaligus menyajikan riwayat kronologis.

Pilih jenis CV yang paling sesuai dengan profil Anda dan pekerjaan yang Anda tuju.

2. Tulis Informasi Kontak dan Profil Pribadi Secara Singkat Padat & Jelas

Bagian pertama dalam CV Anda harus berisi informasi kontak lengkap, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang mudah dijangkau oleh pihak perusahaan. Selain itu, tambahkan profil pribadi singkat yang mencerminkan kepribadian Anda dan tujuan profesional dalam beberapa kalimat. Pastikan profil pribadi ini relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Perlu diingat pada bagian ini diusahakan ditulis secara singkat, padat & jelas dan tidak terlalu bertele tele.

3. Gunakan Tata Bahasa Yang Baik Dan Benar

Pastikan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar dalam penulisan CV anda, jika menggunakan bahasa inggris dalam cv anda, pastikan grammar yang anda gunakan juga sudah sesuai. Cek sekali lagi jangan sampai ada typo dalam penulisan CV anda.

4. Tulis Pengalaman Kerja

Bagian ini adalah salah satu aspek paling penting dalam CV Anda. Cantumkan pengalaman kerja terkini Anda terlebih dahulu, sertakan nama perusahaan, posisi, periode kerja, dan tanggung jawab utama yang Anda emban. Gunakan poin-poin yang kuat dan spesifik untuk menggambarkan kontribusi Anda di tempat kerja sebelumnya. Jika Anda memiliki pengalaman kerja yang sangat relevan, berikan penekanan khusus pada pengalaman tersebut.

5. Tambahan Lainnya Yang Menarik HRD

a. Tambahakan Aktivitas Ekstrakurikuler dan Organisasi

Apabila Anda memiliki pengalaman dalam organisasi atau aktivitas ekstrakurikuler yang menonjol, tambahkan bagian ini ke CV Anda. Aktivitas di luar lingkup akademis atau profesional dapat memberikan gambaran lebih lengkap tentang kepribadian dan keterampilan Anda.

b. Tambahkan Sertifikasi Keahlian

Jika anda memiliki sertifikasi keahlian, jangan lupa di cantumkan kedalam cv anda, serta detail mengenai sertifikasi keahlian anda jangan lupa dituliskan. Alangkah baiknya sertifikasi keahlian yang di cantumkan belum melalui masa berkahir sertifikasi.

c. Keterampilan Bahasa

Jika Anda memiliki keterampilan teknis atau bahasa yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, sebutkan secara khusus dalam bagian ini. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan di bidang teknologi, cantumkan keterampilan pemrograman atau perangkat lunak yang Anda kuasai. Jika Anda menguasai bahasa asing, ini juga merupakan nilai tambah yang berharga.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat membuat CV yang menarik dan profesional yang meningkatkan kesempatan Anda untuk sukses di dunia kerja. Pastikan CV Anda bersih dari kesalahan tata bahasa dan ejaan serta selalu disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mencapai kesuksesan dalam karier Anda.

Leave a comment

🍪   We use cookies to provide the best web experience possible
Drag