Skip links

Mengatasi Laptop/Komputer lemot

Komputer dan laptop sangat dibutuhkan akhir akhir ini setelah di berlakukannya WFH pada tahun lalu. Hampir seluruh kegiatan belajar hingga pekerjaan membutuhkan laptop. Saat laptop dan komputer sedang digunakan, pernahkah kalian mengalami kinerja laptop dan komputer terasa berat saat membuka beberapa jendela kerja. Atau bahkan pernah mengalami belum membuka aplikasi apapun namun laptop dan komputer sudah terasa lemot dan selalu loading. Findy bakal kasih tips nih Mengatasi Laptop/Komputer lemot.

Nah buat kamu yang ngalamin hal diatas, jangan buru buru ganti laptop baru, karena kamu masih bisa mengatasi laptop atau komputer lemot kamu, setelah membaca artikel ini. Sebelum kita menuju cara mengatasi laptop dan komputer lemot di semua system operasi windows, kita harus tau dulu laptop lemot terjadi karena apa.

Mengatasi komputer lemot Untuk Semua Laptop/Komputer Windows 7,8 dan 10

Laptop dan komputer lemot terjadi bisanaya karena terlalu banyak memproses dan menampung data, jenis prosesor juga dapat mempengaruhi kinerja laptop. Namun kebanyakan laptop keluaran 2015 sampai sekarang sudah menggunakan prosesor yang lumayan bagus. Lalu type harddisk yg digunakan laptop dan komputer juga dapat mempengaruhi sebuah laptop dan komputer menjadi lemot. Jika laptop kalian menggunakan tipe hardisk (HDD) maka disarankan untuk mengganti harddisk tersebut dengan tipe harddisk yang lebih kencang yaitu tipe (SSD). Untuk mengetahui perbedaan harddisk (HDD) & (SSD) bisa kalian baca disini. Perbedaan antara harddisk (HDD) & (SSD).

Oke langsung saja, kita bahas cara mengatasi laptop dan komputer yang lemot di semua system operasi windows.

1. Uninstall anti virus gratisan di laptop kamu.

Anti virus gratisan yang kamu install di laptop kamu biasanya hanya menambah beban kinerja laptop kamu, saat laptop baru pertama kali dinyalakan. Anti virus gratisan tersebut memakan banyak sekali memori saat laptop dinyalakan dan Ketika laptop digunakan, maka dari itu gunakan 1 anti virus bawaan windows saja, yaitu windows defender. Karena windows defender saja sudah cukup untuk membersihkan virus dan malware.

2. Uninstall Program aplikasi yang tidak terpakai

Selain membuat harddisk Anda penuh, program-program tak terpakai yang berjalan di background tersebut dapat membuat komputer menjadi lemot. Cara mengatasi komputer lemot karena hal ini Anda harus menghapus atau uninstall  program-program yang memang tidak Anda pakai dan tidak Anda butuhkan. Ini akan mengurangi beban kerja CPU komputer dan meningkatkan performanya.

3. Non-aktifkan aplikasi saat laptop atau komputer dinyalakan (startup)

Saat laptop dinyalakan, beberapa aplikasi yg diinstal akan terbuka berbarengan dengan aplikasi lain sehingga menyebabkan laptop menjadi lemot. Untuk itu non-aktifkan aplikasi aplikasi yang berjalan saat laptop dinyalakan. Caranya adalah, tekan tombol windows pada keyboard, lalu ketikan “startup”, setelah itu klik aplikasi startup, maka akan terbuka window aplikasi-aplikasi yang muncul apa laptop baru pertama kali di nyalakan, setelah itu pilih aplikasi yang tidak ingin muncul saat laptop dinyalakan. Setelah itu klik oke.

4. Ganti Hardisk (HDD) ke Hardisk (SSD)

Laptop lemot bisa disebabkan oleh penggunaan hard disk HDD yang memiliki kecepatan data lebih lambat dibandingkan dengan penyimpanan SSD.
Maka dari itu, mengganti penyimpanan HDD ke SSD akan membantu proses booting jauh lebih cepat. Walaupun harga SSD lebih mahal, tetapi cara ini dijamin ampuh membuat laptop menjadi tidak lemot dan lebih responsif.

5. Tambah Ram

Jika kamu membeli laptop dengan kapasitas RAM yang rendah seperti 4 GB, Anda bisa tambah RAM menjadi RAM 8 GB atau RAM 16 GB.Hal ini akan membantu kinerja laptop lebih cepat dan tidak mudah lemot. Saat menambahkan RAM, perhatikan juga spesifikasi RAM (RAM DDR3, RAM DDR3L atau RAM DDR4). Jangan lupa untuk mencari tahu berapa kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop Anda.

6. Install Ulang

Untuk membersihkan semua file tempolary maupun virus yang ada pada laptop, yang membuat laptop menjadi lemot. Cara satu satunya adalah dengan menginstal ulang laptop dengan system operasi yang ringan seperti menggunakan windows 7 pada laptop anda. Atau tetap menggunakan windows 10 dengan syarat sudah ganti hardisk dengan menggunakan SSD.

Nah itulah beberapa cara untuk menghilangkan lemot pada laptop dan komputer anda, jika masalah laptop dan komputer lemot kamu belum teratasi. Bisa bawa laptop atau komputer kalian ke Findy Repair, bisa konsultasikan terlebih dahulu masalah yang anda alami, akan kami bantu agar laptop dan komputer anda lancar Kembali. Hubungi admin kami atau klik tombol whatsapp di pojok kiri bawah website ini.

Tag :
undangan pernikahan digital video
undangan pernikahan digital gratis
kata-kata undangan pernikahan digital
contoh undangan pernikahan digital
undangan digital gratis
undangan digital website
jasa pembuatan undangan pernikahan digital
cara membuat undangan digital website
Website Undangan Pernikahan Digital Online
Findy website
Findy pembuatan website
Findy undangan

🍪   We use cookies to provide the best web experience possible
Drag