Skip links
Penipuan Undangan Pernikahan di WhatsApp, Jangan Tertipu!

Penipuan Undangan Pernikahan di WhatsApp Jangan Tertipu!

Penipuan melalui WhatsApp kini semakin marak, salah satunya adalah penipuan undangan pernikahan. Modus ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerugian finansial yang cukup besar. Penipuan ini biasanya dilakukan dengan mengirimkan undangan pernikahan palsu melalui aplikasi WhatsApp.

Modus penipuan ini mirip dengan penipuan ‘foto paket’ yang ternyata ekstensinya APK (Aplikasi Android). Penipuan ini menggunakan metode ‘Social Enginering’ yang dibuat pelaku mengatasnamakan ekspedisi atau pihak penyelenggara pernikahan. Jadi, penipuan ini tidak hanya berhenti ketika korban mendownload aplikasi itu.

Para pelaku penipuan ini akan mengirimkan undangan pernikahan dalam bentuk APK (Aplikasi Android) yang tampak sangat resmi dan menarik. Dalam undangan tersebut, pelaku akan menyertakan informasi mengenai lokasi, waktu, dan jenis acara pernikahan. Pelaku juga akan menyertakan nomor rekening untuk pembayaran dana cukupan.

Setelah itu, para korban akan ditipu dengan mengirimkan uang ke nomor rekening yang disertakan dalam undangan tersebut. Namun, setelah uang dikirimkan, korban akan menyadari bahwa undangan pernikahan yang diterima adalah palsu dan uang yang dikirimkan telah hilang.

Korban dapat mencegah hal ini dengan mengecek kebenaran undangan pernikahan yang diterima melalui kontak langsung dengan pihak yang mengadakan pernikahan. Selain itu, korban juga harus lebih berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi dan uang kepada orang yang tidak dikenal.

Untuk mengetahui bagaimana cara modus social enginering ini bekerja, disini admin menyematkan video dari content creator programer bernama Dea Afrizal. Di dalam video tersebut dibahas tuntas bagaimana aplikasi yang dibuat penipu bisa menguras habis rekening anda. Penipuan Undangan Pernikahan di WhatsApp Jangan Tertipu!

Penipuan Undangan Pernikahan di WhatsApp Jangan Tertipu! Jangan lupa share artikel ini ke kerabat, keluarga dan teman teman kamu agar terhindar dari penipuan ini.

Leave a comment

🍪   We use cookies to provide the best web experience possible
Drag