Skip links
Perbedaan SSD dan HDD: Mana yang Lebih Baik??

Perbedaan SSD dan HDD: Mana yang Lebih Baik??

Penyimpanan data merupakan hal penting bagi setiap komputer atau laptop. Ada dua jenis penyimpanan utama yang tersedia: solid state drive (SSD) dan hard disk drive (HDD). Dalam artikel ini, kami akan membahas perbedaan antara kedua jenis penyimpanan ini, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum kita membahas perbedaan antara SSD dan HDD, kami akan membahas sedikit sejarah awal mula tipe hardisk ini.

A. Sejarah Hardisk (HDD)

HDD pertama kali dikembangkan oleh IBM pada tahun 1956. Pada awalnya, HDD hanya digunakan dalam komputer besar dan mainframe. Namun, pada tahun 1980-an, HDD mulai digunakan dalam komputer pribadi dan menjadi standar penyimpanan data. Kapasitas penyimpanan HDD terus meningkat sejak saat itu, dengan kapasitas terbesar saat ini mencapai 20 TB.

B. Sejarah Hardisk (SSD)

SSD pertama kali dikembangkan oleh IBM pada tahun 1970-an. Namun, karena kapasitas penyimpanan yang kecil dan harga yang mahal, SSD tidak populer pada saat itu. Pada tahun 1990-an, teknologi chip flash mulai dikembangkan, yang membuat SSD lebih murah dan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Pada tahun 2000-an, SSD mulai digunakan dalam perangkat mobile seperti ponsel pintar dan tablet. Saat ini, SSD mulai digunakan dalam komputer pribadi dan menjadi pilihan utama bagi pengguna yang menginginkan kinerja yang lebih cepat.

Setelah kita mengetahui sejarah HDD dan SSD, kami akan membahas perbedaan antara keduanya. Disini kami akan memberikan 4 perbedaan antar keduanya. Langsung saja tanpa basa basi.

  1. Apa itu SSD & HDD

    Penjelasan secara singkat, SSD adalah jenis penyimpanan yang menggunakan chip flash untuk menyimpan data. HDD adalah jenis penyimpanan yang menggunakan disk mekanis untuk menyimpan data.

  2. Kecepatan SSD & HDD

    Secara SSD lebih cepat dalam melakukan operasi pembacaan dan penulisan data dibandingkan HDD. Hal ini karena SSD tidak memerlukan waktu untuk memutar disk seperti yang diperlukan oleh HDD. Sementara itu HDD memiliki pembacaan dan penulisan data yang sedikit lebih lama, dikarenakan HDD memiliki piringan di dalam komponen hardisk.

  3. Kapasitas SSD & HDD

    Kapasitas penyimpanan SSD lebih kecil dibandingkan HDD. Namun, kapasitas penyimpanan SSD saat ini sudah mencapai 2TB. HDD memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan lebih murah dibandingkan SSD.

  4. Kinerja

    SSD lebih responsif dan memiliki waktu boot dan proses pembacaaan dan penulisan data yang lebih cepat dibandingkan HDD. Saat ini SSD mempu membaca dan menulis data sekitar 5000 mb/s.

  5. Harga SSD & HDD

    Harga per GB untuk SSD lebih mahal dibandingkan HDD. Namun, harga SSD sudah mulai turun dan sekarang sudah lebih terjangkau dibandingkan dahulu. Kisaran harga hardisk untuk tipe sata 2,5″ sekarang ukuran 256 gb hanya 265 ribu.

Kedua jenis penyimpanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda menginginkan kinerja yang lebih cepat dan waktu boot yang lebih singkat, maka SSD adalah pilihan terbaik. Namun, jika Anda menginginkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan harga yang lebih murah, maka HDD adalah pilihan terbaik.

Untuk konsultasi dan service komputer & laptop anda, serta ingin melakukan upgrade SSD, bisa hubungi kami, atau melakukan booking service online melalui link berikuti ini. Booking Service Sekarang!

Leave a comment

🍪   We use cookies to provide the best web experience possible
Drag